Senin, 01 April 2013

Lokasi strategis merupakan satu syarat yang sangat vital bagi keberhasilan sebuah usaha rumah kost. Rumah kost sebaiknya berada di daerah yang dekat dengan berbagai fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, pusat pendidikan, pusat kesehatan, dan tentunya akses transportasi umum berupa angkutan kota atau ojek yang selalu siap jam berapa pun dan untuk kemana pun dengan tetap menjaga kenyamanan lingkungan sekitar, terutama dari kebisingan lalu lintas.
Terdapat beberapa hal lain yang tidak kalah penting yang perlu diperhatikan dalam mengelola rumah kost. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Fasilitas yang perlu disediakan
Jika yang disewakan adalah rumah secara utuh, bukan kamar per kamar, fasilitas yang terdapat di rumah tersebut termasuk air, listrik, pesawat telepon, dan peralatan tertentu turut disewakan. Makin lengkap fasilitas yang disediakan calon pemilik rumah kost, semakin menarik calon penyewa dan akan sangat mempengaruhi putusan mereka untuk menyewa rumah kost tersebut. Jika yang disewakan berupa kamar-kamar, bukan rumah secara utuh, fasilitas yang sebaiknya disediakan oleh pemilik antara lain : kamar tidur yang lengkap dengan tempat diru dan bantal serta selimut merupakan nilai tambah terhadap kamar tersebut, idealnya setiap kamar memiliki kamar mandi sendiri, tersedianya fasilitas seperti dapur, tempat mencuci pakaian dan jemuran, air dan listrik yang sudah termasuk dalam harga sewa kamar, halaman dan tempat parkir, pintu gerbang untuk memberikan rasa aman kepada para penyewa, serta adanya seorang staf yang tinggal dan mengontrol serta menjaga keamanan kost.

2. Strategi Mencari Penyewa
Strategi utuk mencari penyewa disesuaikan dengan pasar sasarannya. Pasar sasaran mungkin mahasiswa dan pelajar, pegawai kantor, karyawan pabrik, atau masyarakat umum. Strategi yang paling tepat adalah dengan menggunakan bauran promosi secara terpadu, yaitu penjualan perseorangan, promosi penjualan, publisitas, pemasaran langsung, dan periklanan. Periklanan dapat menggunakan surat kabar lokal. Selain itu, media lainnya yang dapat digunakan adalah pamflet yang dapat dipasang di tempat-tempat strategis, seperti di sekitar area kampus, kantin, rental komputer, tempat fotocopi, serta di rumah kost sendiri.

Jika rumah kost yang dikelola mempunyai citra yang baik karena memuaskan para penyewa, biasanya mereka akan memberikan informasi kepada teman-teman atau saudaranya yang membutuhkan kamar kost.

3. Menetapkan Harga Sewa
Harga sewa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi calon penyewa dalam mengambil keputusan untuk menyewa atau membatalkan diri untuk menyewa. Oleh sebab itu, pemilik harus menetapkan harga sewa yang layak, tidak terlalu tinggi karena dapat menyebabkan calon penyewa tidak tertarik, tapi juga tidak terlalu rendah karena pemilik dapat menderita kerugian.

Faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menetapkan harga diantaranya : lokasi, kelengkapan fasilitas yang tersedia, harga sewa kamar kost periode sebelumnya, dan harga sewa kamar kost pesaing.
by Supriyadi Amir

0 komentar:

Posting Komentar