Senin, 01 April 2013

Tak banyak yang melihat jasa ini bisa dibisniskan lewat Internet. Deddy Lao melakukannya berdasarkan pengalamannya  mengurus dokumen akta kelahiran anaknya.

Mungkin ini pengalaman biasa. Seseorang merasa dipersulit saat mengurus akte kelahiran anak pertamanya di Pemda DKI. Namun, alih-alih mutung Deddy Lao, 30 tahun, justru menemukan ide berbagi info dengan siapapun yang menginginkannya mengenai cara-cara mengurus akta kelahiran. Dari situlah lahir website www.jasaumum.com.

Deddy mengaku, sebelum ini ia hanyalah seorang agen penjualan kain. Ide membuat website itu sendiri datang begitu saja. Jika melihat website-nya tampak website itu dipenuhi informasi mengenai pengurusan akte kelahiran, pengurusan paspor, dan pengurusan akta nikah. “Saya hanya mengurus tiga hal itu. Semua itu berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya tidak mengurus sesuatu yang di luar pengalaman saya sendiri,” papar Deddy meyakinkan.

Ketertarikan terhadap ketiga hal itu tampak dari lengkapnya informasi yang ia pajang. Untuk kebanyakan orang mungkin akan malas mengetikkan kembali berbagai persyaratan yang tertera di kantor-kantor Pemda mengenai pengurusan akta kelahiran, akta pernikahan, dan paspor itu. Tetapi dengan tekun Deddy mampu menyajikannya dengan amat informatif. Agaknya siapapun yang akan mengurus ketiga dokumen itu akan terbantu jika membuka ebsite Jasaumum.com.

Untuk paspor Deddy juga menyertakan berapa biaya yang ditentukan Kantor Imigrasi setempat. Sebagai misal, untuk pengurusan paspor dengan KTP wilayah Jakarta Barat-BEOS Kota, tarif yang dikenakan Rp 500.000 untuk pengurusan maksimal sampai 10 hari. Tetapi jika ingin cepat Deddy mencantumkan biaya Rp 750.000 untuk waktu pengurusan 3 hari.  Untuk pengurusan paspor warga yang ber-KTP Jakarta Barat-Cengkareng, biayanya berbeda sedikit. Pengurusan 10 hari biayanya sebesar Rp 525.000 sedangkan yang 3 hari sama Rp 750.000. Yang ber-KTP Jakarta Pusat, untuk pengurusan 10 hari biayanya Rp 525.000 sedangkan yang tiga hari Rp 800.000.  Untuk yang ber-KTP Jakarta Timur, untuk pengurusan maksimal 21 hari biayanya Rp 575.000 dan yang maksimal 7 hari Rp 900.000. “Untuk yang ber-KTP luar negeri pengurusannya di Airport Cengkareng dengan biaya Rp 850.000 maksimal 30 hari kerja dan Rp 975.000 untuk pengurusan 7 hari,” paparnya.

Tarif itu, kata Deddy, tarif resmi dari Kantor Imigrasi bersangkutan. Jadi, bagi yang ingin mengurusnya sendiri tinggal datang saja ke Kantor Imigrasi yang dituju dengan persyaratan yang seperti ia cantumkan di website-nya.

Tentu saja bukan cuma memajang informasi itu yang ia lakukan. Ia juga melayani warga yang ingin dibantu pengurusan dokumen-dokumennya. Dari situlah ia mendapatkan uang jasa. Sejauh ini, kata dia, ia bisa mendapatkan pemasukan sekitar Rp 3 jutaan sebulan. Tetapi bisa juga jauh di bawah itu. Meski begitu ia tak patah semangat. Menurutnya, banyak warga yang membutuhkan informasi-informasi penting seperti ini. Selain itu banyak juga mereka yang tak ingin repot-repot mengurus dokumen itu dan lebih suka meminta jasa yang melayani pengurusan dokumen-dokumen itu.  Dan memang, kata Dedey kecenderungannya, selalu begitu. “Ada saja mereka yang meneleon saya untuk diuruskan akta nikahnya, akta kelahiran atau paspor,” tuturnya.

Nah, untuk mengantisipasi permintaan yang terus meningkat Deddy pun merekrut empat orang staf ditambah dua orang kurier yang membantu pengoperasian website Jasaumum.com. Jasa ini pun kini bernaung di bawah perusahaan yang berbadan hukum CV, yaitu CV Jasaumum. “Saya memulai usaha ini tahun 2006 lalu,” katanya.

Belakangan Deddy tak hanya mencantumkan informasi tentang pengurusan akta kelahiran, akta pernihakah dan paspor. Ia juga melengkapinya dengan berbagai informasi penting lainnya yang sepertinya orang lain tak ada yang menggarapnya dengan intens seperti jadwal dokter,  info rumah sakit dan sebagainya. Dan seperti yang dituturkannya, semua informasi itu bermula dari pengalaman Deddy.

Untuk menambah pemasukan, ia juga membuka diri bagi siapa pun untuk memasang iklan di website-nya. Sebagian, seperti alamat dokter, akuntan dan sebagainya, tak dipungut biaya tetapi cukup bermanfaat bagi warga DKI dan sekitarnya. (DEN)

====
SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar